Jumat, 27 Mei 2011

Sapi dan Kerbau akan Disensus

MUSI RAWAS–Badan Pusat Statistik (BPS) seluruh Indonesia mulai 2 Juni mendatang akan melakukan pendataan jumlah ternak sapi dan kerbau, baik yang dimiliki perusahaan, unit usaha maupu pribadi. Untuk mempersiapkan pelaksanaan pendataan BPS Mura menyelenggarakan Pelatihan Petugas Pendataan Sapi Potong, Sapi Perah dan Kerbau (PSPK) 2011 Jum’at (27/5) di Hotel Sempurna dibuka Kepala BPS Mura, Taufik Hidayat.
Menurut Ketua Panitia Kegiatan, Mukrimah didampingi salah satu Instruktur Kegiatan, Dina Renita kepada Musirawas Ekspres data tersebut diperlukan untuk mengukur pencapaian Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK) tahun 2010– 2014. Dikatakannya bahwa Pendataan tersebut juga didasari atas Peraturan Menteri Pertanian nomor 16/Permentan/OT.140/1/2010, yaitu guna memperoleh data dan mendukung pembangunan peternakan dan pelayanan veteriner nasional, perlu dilakukan identifikasi dan pengawasan terhadap lalu lintas ternak ruminansia besar.

“Kegiatan tersebut akan dibagi menjadi empat gelombang. Gelombang I pada 27-28/5, gelombang II pada 28-29/5, gelombang III pada 29-30/5 berlangsung di Hotel Sempurna. Untuk Gelombang IV akan berlangsung 30-31/5 di Hotel Hakmaz Taba,” jelas Mukrimah. Untuk gelombang I, paparnya akan dilatih petugas dari Kecamatan Megang Sakti, Tugumulyo, ST Ulu dan Muara Rupit. Gelombang II dari Kecamatan Purwodadi, Sumberhatta, Ulu Terawas, TP Kepungut, BTS Ulu, Sukakarya, Nibung, Karang Dapo dan Muara Beliti. Gelombang III dari Kecamatan Tuah Negeri, Muara Lakitan, Selangit dan Rawas Ilir. Dan gelombang IV dari Jayaloka, Muara Kelingi, Rawas Ulu dan Karang Jaya.

“Total peserta yang dilatih menjadi petugas, sambungnya, adalah sebanyak 328 orang mewakili tiap desa atau beberapa desa, termasuk di dalamnya petugas 21 orang Koordinator Statistik Kecamatan. Sedangkan Instruktur Daerah yang memberikan pelatihan peserta sebanyak empat orang yaitu Suryana, Dina Renita, Ismet Inono dan Almaratul,” pungkas Mukrimah. (CW-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar