Kamis, 09 Juni 2011

Sembilan Desa Dipasang Jaringan Listrik

MUSI RAWAS-Sedikitnya sembilan desa di enam kecamatan 2011 ini akan dibangun jaringan listrik dan pemasangan trafo. Ini setelah ada kepastian Pemkab Mura telah menganggarkan dana sebesar Rp 20 miliar untuk pembangunan kelistrikan tersebut.Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Mura, H Johan Firdaus melalui Kasi Kelistrikan, Anwar Sadat mengatakan hingga akhir 2011, pembangunan kelistrikan di Musi Rawas ditargetkan mencapai 88,45 persen atau 245 desa/kelurahan dan ditargetkan 2015 seluruh desa sudah teraliri listrik. Dengan adanya pembangunan jaringan ini maka rasio kelistrikan desa yang sudah dimasuki jaringan listrik hingga Mei 2011 sebesar 69,31 persen atau 192 desa dari 277 desa/kelurahan.
Untuk bidang kelistrikan pedesaan, dilanjutkannya Distamben masih menemui beberapa kendala diantaranya kesadaran masyarakat untuk menjaga aset pemerintah berupa jaringan yang sudah terpasang terbilang minim akibatnya Pemkab Mura mengalami kerugian. Akibatnya aksi pencurian ini negara mengalami kerugian hingga miliaran dengan hilangnya peralatan listrik berupa kabel, tiang maupun trafo yang sudah mereka pasang.
Selain itu rendahnya tegangan di ujung jaringan juga menjadi kendala untuk mengalirkan listrik kerumah-rumah warga, sehingga membutuhkan dana tambahan untuk pembelian dan pemasangan trafo tegangan rendah (17 KV) dari standar yang ada 20 KV.
Untuk itu dia mengimbau kalangan masyarakat daerah itu agar dapat menjaga aset negara berupa infrastruktur listrik mengingat besarnya anggaran yang akan dikeluarkan. (rix)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar